ACCOUNTING FAIR 16

ACCOUNTING FAIR 16

HIMPUNAN MAHASISWA S1 AKUNTANSI (HIMASI)

FEB KBM UNIB 2023


Accounting Fair merupakan program kerja dari Divisi 1 Penalaran dan Keilmuan. Accounting Fair merupakan program kerja yang bertujuan menjadi wadah untuk meningkatkan kebersamaan, kreativitas, prestasi, dan pengetahuan Keluarga Besar Gedung k dengan pihak terkait. Serta agar dapat mewujudkan mahasiswa S1 Akuntansi yang mampu mengordinasikan kegiatan berskala Internal, Regional, dan Internasional.

Persiapan Accounting Fair 16 ini dimulai sejak bulan Juni, yaitu diawali dengan rapat pembentukan panitia dan dilanjutkan dengan rapat-rapat selanjutnya, yaitu penentuan tema dan konsep, penentuan logo, maskot, serta kegiatan yang dinaikkan pada Accounting Fair 16 ini.

Accounting Fair Ke-16 mengusung tema “Create An Economi Balance For Society’s Environment” dengan konsep “Blue Economy”.

Gambar diatas merupakan logo dari Accounting Fair 16 yang memiliki makna sebagai berikut :

Dan berikut merupakan maskot dari Accounting Fair 16 yaitu YUBI

 

Kegiatan apa aja sih yang ada di Accounting Fair 16?

Nah kalo dilihat dari makna logo diatas tadi sudah disebutkan bahwa ada 7 kegiatan dalam Accounting Fair 16, yaitu Accounting Days, Accounting Badminton Competition, LCT Internal, Accounting E-Sport Competition, Accounitg Futsal Competition, Seminar Nasional, dan International Accounting Challenge.

Kegiatan Accounting Fair 16 dari mulai Acara Pembukaan, pelaksanaan 7 kegiatan diatas hingga Acara penutupan Acconting Fair 16 yang dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu Accounting Badminton Competition. Dilaksanakan pada tanggal 23-24 September dan 30-01 Oktober 2023 di Bencoolen Badminton. Tema Kegiatan ini adalah “Play With Sportifity, Solidaritas, and Feel The Glory. Peserta dari lomba ini yaitu dari setiap kelas dan angkatan, dosen, serta alumni dari Jurusan Akuntansi. Berikut pemenang lomba dari Accounting Badminton Competition:

Ganda Putra :

Juara 1 Tim Alumni 2009

Juara 2 Dosen Alumni

Juara 3 Tim Alumni 2018/2019

Juara 4 Tim D3 Akuntansi

 

Ganda Putri 

Juara 1 Tim 21 E

Juara 2 Tim Alumni

Juara 3 Tim HIMATANSI

Juara 4 Tim 2022 C

Pembukaan Kegiatan Accounting Fair 16 secara resmi dilaksanakan pada 06 Oktober 2023 di Gedung C Universitas Bengkulu. Pelaksanaan acara di mulai pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh MC  Alvin Agustino dan Nur Zahara Ton Warda. Diawali penyambutan dengan Tari Persembahan dari panitia, yaitu Fefiola, Ayu, Rani, Azra, dan Karismala. Dilanjutkan deng pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Saudara Andre pangestu dan Saudari Wafiq Trianisa dan menyanyikan Mars HIMASI. Setelah itu, laporan Ketua Panitia Saudara Wahyu Dwi Aldestian. Dilanjutkan dengan sepatah kata Bupati HIMASI 2023 Saudara Al Dimas Saputra. Kemudian kata sambutan Ketua Jurusan Akuntansi Ibu Dr. E. Lismawati, SE, M.Si., Ak., CA. Setelah itu, Kata Sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Dr. Armelly, SE, M.Si. sekaligus membuka kegiatan Accounting Fair 16 secara resmi. Dilanjutkan dengan membuka kegiatan secara simbolis dengan pemotongan tumpeng. Dan ditutup dengan Pembacaan Doa oleh saudara Bagus Prayoga.

Setelah Acara pembukaan ini, selanjutnya ada acara hiburan yang dipandu oleh MC hiburan yaitu Thoriq Afif Alif dan Rina Indira. Di awali dengan penampilan Drama Musikal oleh Mahasiswa Aktif S1 Akuntansi 2023. Dilanjutkan dengan penampilan dari Dosen, COSMIP, dan UKM MUSIK. Terdapat Stand Bazar di smping Gedung C yang menjual berbagai produk-produk menarik.

Pada hari yang sama dengan pembukaan kegiatan juga dilaksanakan kegiatan kedua Accounting Fair 16, yaitu Accounting Days. Tema dari kegiatan ini yaitu “Sharpen The Creativity and Abilities of the Younger Generation in the Utilization of marine resources on Accounting Day”.  Accounting Days ini terdiri dari beberapa cabang lomba yang diikuti setiap kelas dan angkatan, serta dosen dan staff di Jurusan Akuntansi di setiap tim. Adapun cabang lombanya yaitu Fun Cooking, Akustik, Desain Grafis, dan Rangking 1. Selain itu juga terdapat kegiatan Donor Darah pada Accounting Days ini. Nah untuk pemenang dari setiap lomba yaitu :

Fun Cooking :

Juara 1 Tim 2021 E bersama Ibu Nikmah

Juara 2 Tim 2022 B bersama Bapak Danang

Juara 3 Tim 2020 B bersama Ibu Cory

Juara 4 Tim 2020 D bersama Mba Nur

Akustik:

Juara 1 Kelas 2020 B

Juara 2 Kelas 2022 C

Juara 3 Kelas 2022 B

Poster:

Juara 1 Saudari Alifah Dina Andrini (S1 Akuntansi 2021)

Juara 2 Saudara Lutfi Azizi (S1 Akuntansi 2020)

Juara 3 Saudari Meisy Hasanah (S1 Akuntansi 2021)

Rangking 1:

Dimenangkan oleh Gloria (S1 Akuntansi 2022) dan Rini (S1 Akuntansi 2022)

 

Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan LCT Internal pada tanggal 07-08 Oktober 2023. Tema dari kegiatan ini yaitu “Become a Creative Young Generation to Create Innovative Solutions By Creating Harmony Economy Balance”. Pemenang pada kegiatan LCT Internal yaitu :

Juara 1 Tim 2020 B1

Juara 2 Tim 2022 C1

Juara 3 Tim 2022 A1

Harapan 1 Tim 2021 D

 

Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan Accounting Futsal Competition pada tanggal 13, 14, dan 15 Oktober 2023. Tema dari kegiatan ini yaitu “Build Friendship and High Social Life for the Balance of the Community Environtment World”.  Peserta dari lomba ini berjumlah 30 tim dan ditujukan untuk umum. Pemenang dari kegiatan ini yaitu :

Juara 1 Tim DUSAKUDU

Juara 2 Tim VSG

Juara 3 Tim UKM UMB

Best Kipper Dimas – DUSAKUDU

Top Scorer Sandi – UKM UMB

Best Player Aldi – DUSAKUDU

 

Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan Accounting E-Sport Competition pada tanggal 21-22 Oktober 2023. Tema dari kegiatan ini yaitu “The Drawning Scent of Cyan Hero”. Peserta dari lomba ini ditujukan untuk umum. Pemenang dari kegiatan ini yaitu :

Juara 1 Tim BP 1

Juara 2 Tim HLOS

Juara 3 Tim BP 2

MVP  M. Iqbal Meidianto

 

Kegiatan terakhir dari Accounting Fair 16 yaitu  International Acconting Challenge. Bentuk kegiatan ini adala Lomba Karya Tulis Ilmiah. Tema dari kegiatan ini yaitu “innovation in Accounting: Improving the Efficiency and Quality of Financial Information ”. Tahap Penyisihan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2023 dan Babak Final penyampaian Karya Ilmiah dilaksanakan pada tanggal 11 November 2023 secara online. Adapun jumlah peserta dari kegiatan ini berjumlah 31 tim dari 20 universitas berbeda . 

Pemenang dari kegiatan ini yaitu :

Juara 1 Tim SuccessTeam – Universitas Bengkulu (Indonesia)

Juara 2 Tim Ecotainability Team – Sungkyunkwan University (Korea Selatan)

Juara 3 Tim FLAMBOYAN – Wahid Hasyim University (Indonesia)

 

Setelah terlaksananya semua kegiatan sampailah pada Acara Penutupan Accounting Fair 16. Acara Penutupan Accounting Fair 16 ini dilaksanakan di Hotel Adeeva pada tanggal 12 November 2023 dimulai pukul 20.00 WIB. Acara penutupan ini dipandu oleh MC yaitu Joni dan Tasya. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,selanjutnya pembacaat ayat suci Al-Qur’an dan Saritilawah oleh Saudara Marliano Andrea dan Saudari Aisyah Salsabila. Kemudian menyanyikan Mars HIMASI. Dilanjutkan Laporan Ketua Panitia Accounting Fair 16 Saudara Wahyu Dwi Aldestian. Sepatah Kata dari Bupati HIMASI Periode 2023 Saudara Al Dimas Saputra. Kata Sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diwakilkan oleh Dosen Jurusan Akuntansi Bapak Abdullah, SE, M.Si., Ak., CA sekaligus menutup Kegiatan Accounting Fair 16 secara resmi oleh Bapak Madani Hatta, SE., M.Si., AK., CA. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Saudara Thoriqafif Alif .

Setelah itu dilanjutkan dengan acara hiburan yang dipandu oleh MC Hiburan yaitu M. Verdy dan Sonia. Persembahan pertama acara hiburan ini dimulai dengan penampilan dari Akuntansi Seni Musik 1. Kemudian  Tari Kreasi oleh Akuntansi Tari yaitu Annisa, Fefiola, Pattrisya, Wulan, Ardinda, Dian, dan Lidia. Lalu Penampilan Akuntansi Seni Musik 2. Dilanjutkan penampilan UKM MUSIK UNIB, UKM MUSIK UNIVED, dan Dosen. Kemudian pembagian hadiah untuk seluruh kegiatan pada Accounting Fair 16. Kemudian penampilan SENSAS, COSMIP, dan di akhiri dengan penampilan Guest Star dari Dynamic Band.



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAMADHAN BERBAGI (RABER) 2023

Divisi 1 ( Penalaran dan Keilmuan )

HIMASI GOES TO SCHOOL (HGTS) 2023