Program Studi S1 Akuntansi FEB UNIB

Program Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu (PSA-FE-UNIB) didirikan pada tahun 2002 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan NO.2404/D/T/K-N/2002. Pada awal berdirinya Program Studi Akuntansi di bawah binaan Jurusan Manajemen, dan Dekan FE UNIB saat itu menerbitkan Surat Tugas Panitia Persiapan PS/Jurusan Akuntansi yang mendapat tugas menyiapkan Kurikulum, Administrasi, hingga proses Penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama pada semester ganjil 2002/2003. Panitia Persiapan PS/Jurusan Akuntansi di ketuai oleh Fachruzzaman, SE, MDM,. Ak bekerja hingga bulan Juni 2003 karena dosen yang bersangkutan melanjutkan pendidikan program doktoral. Pada Akhir tahun 2005 Jurusan Akuntansi resmi berdiri dengan ketua Jurusan Akuntansi pertama periode 2006-2010 Baihaqi, SE, M.Si,Ak. Selanjutnya Ketua Jurusan Akuntansi periode 2010-2014 adalah Dr. Fachruzzaman, SE, MDM, Ak dengan Sekretaris Jurusan Eddy Suranta, SE, M.Si,. Ak, pada bulan Juni 2011 Ketua Jurusan mengundurkan diri karena terpilih sebagai Ketua Program Pascasarjana S2 Akuntansi Program Studi Magister Akuntansi (Maksi) pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu. Selanjutnya Ketua Jurusan dijabat oleh Eddy Suranta, SE, M.Si,. Ak yang secara aklamasi terpilih untuk periode pengelolaan jurusan hingga Januari 2014, dan saat ini Sekretaris Jurusan dijabat oleh Nila Aprila, SE, M.Si,.Ak.

PSA membuka 3 peminatan, yaitu Peminatan Akuntansi Keuangan (AK), Akuntansi Sektor Publik (ASP), dan Akuntansi Manajemen (AM) sesuai dengan peminatan dosen yang ada di Jurusan Akuntansi. Pada 4 tahun ke depan direncanakan akan dibuka peminatan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) seiring dengan bertambahanya jumlah dosen peminatan SIA serta fasilitas pendukung yang memadai. Sejak awal berdiri, PSA-FE-UNIB telah secara luas mambangun kerjasama dengan Jurusan Akuntansi PTN terkemuka di Indonesia di bawah koordinasi Kompartemen Akuntan Pendidik Ikatan Akuntan Indonesia (IAI KAPd), beberapa Kantor Akuntan Publik yang beroperasi di Bengkulu, dan sejak tahun 2010 bekerjasama dengan BPKP dan BPK Perwakilan Bengkulu mendirikan IAI Wilayah Bengkulu. Saat ini PS/Jurusan Akuntansi terlibat aktif membantu Pemerintah Daerah dalam beberapa kegiatan asistensi dan pembinaan terhadap tenaga pengelola keuangan daerah di beberapa kabupaten/kota dan provinsi.

Komitmen terhadap kualitas tercemin pada penyelengaaraan Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA) sejak tahun 2003, Laboratorium Komputer Akuntansi (LKA) dan Ruang Referensi Akuntasi (RRA) pada tahun yang sama berdasarkan SK Dekan Universitas Bengkulu. PS/Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu mendapatkan Akreditasi pertama dengan peringkat “B” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor:________ Tahun 2008.

Gugus Kendali Mutu Jurusan merupakan lembaga bentukan Fakultas bekerjasama dengan Unit Penjamin Mutu (UPM) Fakultas untuk menjamin terlaksananya mutu pembelajaran dari semua standar mutu yang telah disahkan oleh Senat Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu, serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pencapaian kompetensi untuk mata kuliah yang dianggap sangat menentukan seperti Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, serta Akuntansi Keuangan Lanjutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAMADHAN BERBAGI (RABER) 2023

Divisi 1 ( Penalaran dan Keilmuan )

HIMASI GOES TO SCHOOL (HGTS) 2023