KEGIATAN BAKTI SOSIAL (KBS) 2023

Kegiatan Bakti Sosial

Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi

Periode 2023



Bengkulu, 18 s.d 21 Mei 2023, Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi mengadakan Kegiatan Bakti Sosial (KBS) Periode 2023 yang merupakan program kerja dari Divisi 3 “Pengabdian Masyarakat” yang mana bersifat home stay dan terjun langsung, serta belajar, dan peduli terhadap masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan selama empat hari tiga malam di Desa Tangsi Duren, Kabupaten Kepahiang dengan mengangkat tema "Membangun Jiwa PEKA (Produktif, Edukatif, Kooperatif, Adaptif) Bersama KBS HIMASI 2023". KBS Himasi 2023 merupakan kegiatan yang memberikan pembelajaran diluar kelas untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dalam bekerja sama, bertanggung jawab, empati, dan menanamkan jiwa bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat.

Pada hari pertama, 18 Mei 2023 dilakukan Acara Pembukaan Kegiatan Bakti Sosial yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Dr. M. Armelly, S.E., M.Si.,  Ketua Jurusan Akuntansi Ibu Dr. E. Lismawati, SE., M.Si., Ak. CA., Sekretaris Jurusan Akuntansi Ibu Lisa Martiah Nila P, SE., M.Si., Ak., CA., Dosen Jurusan Akuntansi Bapak Madani Hatta, SE., M.Si., Ak. CA., serta perwakilan dari HIMA Ormawa selingkup FEB. Acara pembukaan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibawakan oleh Saudari Riski Esliani. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HIMASI. Setelah itu  Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Saudari Rahayu Ammeldiana. Lalu laporan dari ketua panitia Saudara Dimas Santoso dan dilanjutkan dengan Sepatah Kata dari Bupati HIMASI Periode 2023 Saudara Al Dimas Saputra. Kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi Ibu Dr. E. Lismawati SE., M.Si., Ak. CA. Setelah itu dilanjutkan dengan Kata Sambutan sekaligus melepas peserta Kegiatan Bakti Sosial HIMASI Periode 2023 secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Dr. M. Armelly, S.E., M.Si., Lalu dilakukan pemotongan pita secara simbolis. Kemudian ditutup dengan Doa yang dibacakan oleh Saudara Akbar Alzi Anugrah dan dilanjutkan dengan foto bersama.



Setelah dilakukannya acara pembukaan, selanjutnya persiapan untuk berangkat menuju Desa Tangsi Duren. Perjalanan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah sampai di Desa Tangsi Duren, para peserta dipersilahkan untuk istirahat dan melaksanakan sholat zuhur di masjid, kemudian para peserta berkumpul didepan Masjid Desa Tangsi Duren untuk bersama-sama menuju lapangan Desa Tangsi Duren untuk menaruh menaruh barang bawaan para peserta didalam tenda untuk sementara. Kemudia para peserta makan siang bersama di Rumah Ibu Waliya. Lalu dilakukan pembukaan di Masjid Desa Tangsi Duren. Dan selanjutnya dilakukan pembagian rumah  induk semang, dan para peserta dipersilahkan menuju rumah induk semang masing-masing untuk berkenalan dan membersihkan diri. Kemudian pada malam hari dilakukan makan malam bersama di rumah Ibu Waliya serta pembagian induk semang untuk tidur.






Pada keesokan harinya, hari Jumat, 19 Mei 2023 para peserta berbaris di lapangan untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan Himasi Goes To School yang dilakukan di SD Negeri 07 Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Di SD Negeri 07 dilakukan acara pembukaan Himasi Goes To School. Setelah acara pembukaan para peserta Kegiatan Bakti Sosial dibagi untuk masuk ke setiap kelas dan memberikan materi serta membantu membuat kerajinan tangan menggunakan bekas kemasan botol. Setelah itu dilakukan acara penutupan Himasi Goes To School dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada SD Negeri 07 Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang selanjutnya foto bersama.





Kemudian para peserta KBS kembali ke rumah induk semang untuk istirahat sholat dan makan siang. Setelah itu, pada pukul 14.00 dilakukan kegiatan "Jika Aku Menjadi" yang mana para peserta KBS akan pergi untuk membantu induk semang dalam pekerjaannya seperti ke kebun (memanen, membersihkan kebun), membantu di peternakan yang dimiliki Induk Semang, bersih-bersih pekarangan rumah.  Pada kegiatan ini para peserta juga diharapkan untuk mengambil video dan foto yang nantinya akan ditayangkan pada saat malam puncak KBS. Setelah kegiatan "Jika Aku Menjadi" para peserta beristirahat dan bersiap untuk menghadiri penyuluhan yang dilaksanakan di Masjid Desa Tangsi Duren.





Penyuluhan ini dihadiri oleh warga Desa Tangsi Duren yang diisi dengan ceramah agama oleh Khatib Masjid Baiturahim yaitu Bapak Edi dan pemberian materi Penyuluhan Bina Desa oleh Bapak Baihaqi, SE., M.Si., Ak., CA., CAPM., ACPA. Dan diakhiri dengan foto bersama serta makan bersama warga Desa Tangsi Duren. Selanjutnya para peserta kembali kerumah induk semang masing-masing untuk istirahat dan tidur.


Pada hari ketiga, 20 Mei 2023, para peserta dikumpulkan di lapangan untuk senam pagi dan dilanjutkan dengan sarapan. Setelah itu bersiap untuk melakukan Hiking di Kebun Teh Kabawetan. Pada Pukul 08.15 para peserta menuju titik awal Hiking. Hiking, kegiatan yang diisi dengan berbagai game yang seru dan menarik di setiap pos nya, mulai dari pos 1 Akademik yang diisi oleh dosen, pos 2 Sendok Bola Estafet yang diisi oleh dpo, dan alumni, pos 3 Kawat Listrik yang diisi oleh PAFE FEB UNIB, pos 4 Temple Sticnot yang diisi oleh pengurus tahun sebelumnya, DPO, dan alumni, dan yang terakhir pos 5 Perang Naga yang diisi oleh DPO dan alumni.




Setelah kegiatan hiking para peserta pulang ke rumah induk semang masing-masing untuk bersih-bersih dan makan serta bersiap menghadiri pembagian sembako di Balai Desa. Kemudian berkumpul kembali di lapangan untuk melaksanakan lomba yaitu Lomba Makan Kerupuk, Lompat Karung, Bola Voli, dan Futsal untuk para peserta dan anak-anak di Desa Tangsi Duren. Sementara dibalai desa dilakukan Pengabdian kepada masyarakat Desa Binaan ibu-ibu PKK Desa Tangsi Duren Bersama Ummi Neti “Risol dan Frozen Food”








Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk pulang ke rumah induk semang dan bersiap untuk menghadiri malam puncak Kegiatan Bakti Sosial. Malam Puncak KBS dilaksanakan pukul 21.00 yang mana dibawakan oleh dua pembawa acara yaitu Saudari Riski Esliani dan Saudari Taza Darfika. Selanjutnya diisi dengan penampilan Akuntansi Seni yaitu  penampilan tari dari Akuntansi Seni Tari dan penampilan Akuntansi Seni Musik. Dan dilanjutkan dengan penampilan musik, dari panitia, alumni dan dosen selanjutnya dilakukan penampilan pensi perwakilan setiap kelas peserta serta penampilan vlog setiap gugus. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba yang telah dilaksanakan pada sore hari tadi. Setelah itu sampailah pada akhir acara yaitu pembacaan surat dari peserta, pemberian pesan dan kesan para peserta selama KBS Himasi 2023, api unggun dan pengumuman nominasi untuk gugus serta putra putri KBS HIMASI Tahun 2023.









Pada hari keempat, 21 Mei 2023 para peserta setelah sarapan bersama dirumah induk semangnya masing-masing, para peserta melakukan kegiatan Peduli Lingkungan yaitu  gotong-royong bersama. Dan selanjutnya para peserta dikumpulkan di lapangan untuk menghadiri acara penutupan Kegiatan Bakti Sosial. Acara penutupan ini ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Tangsi Duren yaitu Bapak Qomari Yusuf. Dan dilanjutkan penyerahan plakat dan kenangkenangan untuk Desa Tangsi Duren dan selanjutnya foto bersama. Setelah itu, para peserta bersiap-siap untuk pulang dan berpamitan dengan induk semangnya masing-masing. Selanjutnya dilanjutkan dengan foto bersama induk semangnya masing-masing.  

Setelah itu para peserta menuju lapangan untuk menaruh barang bawaannya di truk. Dan selanjutnya para peserta bersama-sama menuju Masjid Desa Tangsi Duren untuk berkumpul menunggu bis datang. Setelah bis datang, para peserta menuju bis masing-masing sesuai pembagian nama dan menuju ke Gedung K bersama-sama.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAMADHAN BERBAGI (RABER) 2023

Divisi 1 ( Penalaran dan Keilmuan )

HIMASI GOES TO SCHOOL (HGTS) 2023