KEGIATAN BAKTI SOSIAL 2016







Selamat malam readers..

Pada postingan kali ini admin mau ngereview seputar kegiatan yang baru aja selesai dilaksanakan pada akhir bulan oktober ini yaitu "Kegiatan Bakti Sosial". Nah adapun tujuan dari Kegiatan Bakti Sosial ini yaitu untuk melaksanakan ataupun memenuhi dari salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat. Nah berbekal salah satu Tri Dahrma Perguruan Tinggi (Pengabdian Masyarakat) HIMASI mewadahi mahasiswa untuk menjalankan salah satu tugasnya sebagai mahasiswa yakni mengabdikan diri kepada masyarakat melalui Kegiatan Bakti Sosial yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi 3.

Kegiatan Bakti Sosial tahun ini mengangkat tema "Membangun Kebersamaan dan Jiwa Sosial yang Berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi" dilaksanakan mulai dari tanggal 20-23 Oktober 2016. KBS tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, bertempat di Desa Tangsi Duren,Kecamatan Kabawetan,Kabupaten Kepahiang. Sebagai gambaran, Desa Tangsi Duren ini sama seperti daerah dataran tinggi pada umumnya dingin,sejuk, dan asri. Mayoritas penduduk desa ini adalah orang jawa. Selain itu, desa ini juga hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Kebun Teh Kabawetan yang merupakan destinasi wisata di Kabupaten Kepahiang karna merupakan peninggalan dari kolonial belanda dan memiliki luas kurang lebih 300 hektar. Gimana? asik kan tempatnya hehe


Perjalanan dari Kota Bengkulu ke Desa Tangi Duren ini memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan bus. Sesampainya disana kami disambut dengan ramah sekali oleh kepala desa dan masyarakt disana. Mereka sangat antusias dengan kedatangan kami. Mayoritas penduduk di desa ini bermata pencarian sebagai petani kebun dan peternak sapi. Jadi kami di desa ini tidak tinggal di rumah warga, melainkan kami tidur di 3 tenda besar yang kami dirikan di lapanagan. Namun kami tetap menumpang di rumah warga untuk mandi dan sholat. Kegiatan selama 4 hari 3 malam ini kami habis kan dengan penuh suka cita dan antusiasme yang tinggi untuk membantu warga sekitar. Kegiatan kami di desa ini antara lain mengadakan sosialisasi penanganan bencana,membantu sekaligus belajar pekerjaan masyarkat(berkebun dan berternak), membantu membersihkan lingkungan,memberikan sosialisasi kepada anak sekolah dasar, mengadakan makan malam dan zikir bersama untuk mengakrabkan diri dengan warga sekitar dan masih banyak lagi.
Apel Pembukaan di Desa Tangsi Duren

Bersih-bersih Lingkungan

Berkenalan dengan keluarga baru
hujan tidak menghalangi kami :D
Panitia dari konsumsi bersam dengan Ibu Waliyah
Makan malammm
Tidur
Panitia bersama Dosen,Alumni,dan senior
Sosialisasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 
Mengajarkan anak-anak SD membuat tabungan(celengan)
Senam bersama murid Sekolah Dasar
kecerian selama acara di SD



 

Sholat dan makan malam bersama warga

Peserta di Kebun Teh Kabawetan
Games
Games
Malam Puncak

Suasana malam puncak
Putra-putri KBS

Makan malam bersama peserta,panitia,senior, dan alumni

Pemberian Cinderamata dan foto kepada bapak kepala desa














 

Postingan populer dari blog ini

Divisi 1 ( Penalaran dan Keilmuan )

DIVISI 3 (PENGABDIAN MASYARAKAT)

MAKRAB (Malam Keakraban)